Powered by Blogger.

Cara Daftarkan Blog Ke Google Webmaster Tool

No comments
Cara Daftarkan Blog Ke Google Webmaster
Jika sudah memiliki sebuah Blog pasti harus di daftarkan terlebih dahulu ke webmaster agar dapat mempermudah google saat mengindex blog kita, nah seperti yang kita ketahui sebenarnya sangat banyak penyedia webmaster tools di internet bahkan hampir setiap search engine atau mesin pencari menyediakan webmaster tools ini,, nah sebelum di lanjut sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dan fungsi webmaster tools ini..

Pengertian Webmaster Tools
Webmaster tools adalah sebuah alat untuk mempermudah search engine untuk mengindex konten blog maupun website kita, alat ini sangat penting sekali untuk mengoptimalkan blog atau situs kita, tools ini Berkaitan dengan SERP dan SEO, saya sangat merekomendasikan bagi ente yang mempunyai situs  atau blog harus mendaftarkan nya ke webmaster tools, kalau bisa tidak hanya di google webmaster tools.

Fungsi Webmaster Tools
Sebenarnya sangatlah banyak fungsi dari webmaster tools ini dan yang pasti ini sangatlah penting untuk mempopulerrkan blog atau situs ente, saya akan menjelaskan beberapa fungsi dari google webmaster tools hanya secara ringkas saja, berikut fungsi dari webmaster tools.
1. Untuk melihat info pencarian blog ente
2. Untuk melihat info tayangan keyword atau kata kunci blog ente pada search engine
3. Untuk melihat info mengenai status index blog ente
4. Untuk melihat info tentang data struktur blog ente di search engine
5. Untuk mengetahui robots.txt blog ente
6. Untuk melihat info kesalahan yang ada pada blog ente atau sering di sebut (Crawl error) 
7. masih banyak lagi
Nah fungsi webmaster ini ibarat jantung blog untuk mempopulerkan situs ente, tanpa webmaster tools ente akan sulit untuk meraih posisi pertama di search engine, nah dari penjelasan di atas sedikit lebih jelas tentang pengertian dan fungsi dari google webmaster tools, sekarang langsung saja saya akan menjelaskan cara mendaftarkan blog ke google webmaster tools

Cara Daftarkan Blog Ke Google Webmaster
1. untuk mendaftarkan blog atau situs ente ke google webmaster tools harus memiliki email, jika belum memlikiki email daftar dulu email via gmail.

2. Jika sudah mempunyai email dari gmail skip langkah pertama, di lanjutkan menuju link google.com/webmasters kemudian akan ada tampilan seperti gambar 01

Cara Daftarkan Blog Ke Google Webmaster
Gambar 01
 dari sini kita tinggal klik saja opsi [Masuk Ke Search Console] 

3. jika sudah klik opsi di atas kita akan di bawa ke search console dan di sini ente harus sudah mempersiapkan link blog atau situs yang akan di daftarkan ke google webmaster tools, perhatikan gambar 02

Cara Daftarkan Blog Ke Google Webmaster
Gambar 02
Perhatikan gambar di atas, dari sini kita pilh opsi [Tambahkan Properti] kemudian masukan alamat blog atau situs ente yang akan di daftarkan ke google webmaster tools, saya sarankan agar mendaftarkan dengan dua format tanpa [www] contoh: mediaposonline.blogspot.com dan menggunakan [www] contoh: www.mediaposonline.blogspot.com.

4. jika sudah selesai ente di suruh verifikasi blog ente lihat gambar 03

Cara Daftarkan Blog Ke Google Webmaster
Gambar 03

Cara verifikasi google webmaster tools di sini kita pilih method nya HTML dengan menggunakan meta tag pada template, lihat gambar 03 verifikasi meta tag yang saya blok copy saja ke template blog ente, dan letakan di atas kode </head>  Kemudian simpan.

5. jika sudah memasukan meta tag verifikasi dan di simpan kemudian kita tinggal pilih saja opsi [verifikasi] seperti pada gambar 03, jika verifikasi sukses kita tinggal pilih opsi [Lanjutkan]

NOTE:
Untuk yang menggunakan akun blogger atau yang menggunakan sub-domain blogspot.com sekarang biasanya otomatis verifikasi via google, jadi ga perlu repot-repot untuk verifikasi google webmaster lagi.

Nah sampai disini blog atau situs ente telah terdaftar di google webmaste tools, dan sekarang ente bisa cek secara berkala mengenai info blog ente dari search engine google, mungkin itu saja sedikit penjelasan saya tentang cara mendaftarkan blog ke google webmaster tools, happy blogging and salam sutristian blogger indonesia.

No comments :

Post a Comment

"Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan"