Powered by Blogger.

7 Hal yang perlu diketahui soal penyakit lupus

No comments
Lupus sebenarnya bukanlah penyakit yang mudah untuk ditangani. Penting bagi kita untuk mengetahui tentang lupus karena penyakit ini sangat sulit untuk dideteksi.
7 Hal yang perlu diketahui soal penyakit lupus
Walaupun seringkali memunculkan gejala yang berbeda, tetapi beberapa gejala lupus yang dimunculkan sangat mirip dengan rematik. Melansir dari arthritis-about,berikut merupakan tujuh hal mendasar tentang lupus yang perlu kita ketahui.

1. Lupus adalah penyakit autoimun

Lupus merupakan kondisi di mana sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel-sel dan jaringannya sendiri. Secara khusus ini akan berakibat pada gangguan sendi, ginjal, kulit, paru-paru, jantung, sistem syaraf, dan organ tubuh lainnya.

2. Jenis -jenis lupus

Lupus memiliki jenis penyakit yang menunjukkan gejala yang cenderung berbeda antara lain: systemic lupus erythematosus, discoid lupus,sub-acute cutaneous lupus erythematosus, drug-induced lupus dan neonatal lupus.

3. Rentan pada wanita

Lupus berpotensi 10 kali lebih beresiko terkena pada wanita dibandingkan dengan pria. Lupus seringkali berkembang pada orang yang berada pada rentang usia 18-45 tahun. Meskipun sangat umum terjadi pada wanita, namun lupus bisa saja dialami pria, anak-anak, serta orang dari segala usia.

4. Sulit untuk didiagnosis

Lupus dianggap sebagai penyakit yang tak terduga, dengan tidak ada dua kasus yang persis sama. Pola unik yang berhubungan dengan lupus menyebabkan penyakit lupus disebut sebagai kepingan salju. Hal ini pulalah yang menyebabkan penyakit lupus sulit untuk didiagnosis. terkadang, lupus menunjukkan gejala yang sama dengan rematik.

5. Pengobatan lupus tergantung pada gejala

Pengobatan yang umum dilakukan dengan NSAID (obat anti-inflamsi non-steroid seperti ibuprofen) dan Plaquenil adalah pengobatan yang mungkin dilakukan pada pasien lupus yang menunjukkan gejala yang tidak parah seperti nyeri sendi, nyeri otot, kelelahan, dan ruam kulit.

Pengobatan yang lebih tinggi seperti kortikosteroid dosis tinggi atau obat imunosupresif digunakan pada penderita lupus yang mengalami komplikasi pada organ tubuh.

6. Penderita lupus menjalani hidup dengan normal

Sebagian besar penderita lupus dapat menjalani aktivitas dengan normal. Walaupun ada beberapa keterbatasan tetapi dengan manajemen yang baik, mereka dapat menjalankan kehidupan seperti biasanya. Masalah utama yang sering dihadapi justru berasal dari diri sang pasien yang kehilangan harapan, dan menyerah sehingga mengalami frustasi dan depresi.

7. Lupus ditangani oleh Rheumatologis

Seorang rheumatologis adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam mengobati arthritis dan kondisi rematik lainnya. Evaluasi yang dilakukan oleh rheumatologis sangat penting bagi pasien lupus untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Menurut Lupus Foundation of America, lupus adalah penyakit yang tiga kali lebih beresiko terjadi pada orang yang memiliki warna kulit seperti Afrika-Amerika, Hispanik, Asia dan Amerika asli.

Baca juga:
Minuman yang Membuat Anak Jaman Sekarang Bodoh
Kekurangan Zat Besi dan Terjadinya Stroke
Daftar Penyakit Ganas yang Bisa Ditumpas Pakai Daun Kelor

No comments :

Post a Comment

"Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan"