7 Tips Meningkatkan Penjualan Di Social Media
Dengan perkembangan teknologi kini orang
dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan memanfaatkan jejaring
sosial, menurut fakta yang di yang
dilakukan orang dengan media sosial adalah:
- Membaca status atau melihat foto teman
- Memposting foto atau video
- Membuat rekomendasi atau komentar
- Mengikuti kuis
- Mengikuti game
Dari fakta di atas kita bisa
menyimpulkan bahwa untuk menjual suatu produk kita dapat memanfaatkan
social media dengan cara memposting status (memperkenalkan produk),
memposting foto produk sampai membuat video promosi di jejaring YouTube.
Lalu bagaimana kita memaksimalkan penjualan dengan social media?
Berikut tips meningkatkan penjualan dengan media social seperti Twitter, Facebook, Instagram dan YouTube.
1. Kenali Produk Yang Anda Jual
Untuk menjual suatu produk yang
sukses, Anda perlu mengenali dan memahami produk yang Anda jual. Dengan
menguasai product knowlegde maka akan lebih mudah memasarkan produk, dan
orang akan tertarik untuk mencoba menggunakan produk tersebut karena
Anda menjualnya dengan penuh optimisme. Pernahkah kita menemukan penjual
yang bahkan tidak mengenal produk yang dijualnya? Hal ini tentu saja
akan membuat kita ragu untuk membeli produk tersebut.
Jadi memahami produk yang akan
ditawarkan sangatlah penting untuk meningkatkan penjualan Anda di social
media. Dengan sistem pemasaran online pembeli akan mudah mencari tahu
apa saja kelebihan dan kekurangan terkait produk Anda. Apa lagi jika
berjualan di Twitter, Facebook dan Instagram,
komentar konsumen akan sangat berdampak bagi baik buruknya reputasi
produk Anda, karena terposting secara publik dan semua orang dapat
membacanya.
Artikel lain: 6 Tips Menjalankan Bisnis Online Dengan Memanfaatkan Twitter
2.Kenali Produk Pesaing Anda
Selain di tuntut untuk menguasai produk
sendiri, kita juga harus mengenali produk pesaing. Hal ini penting
sebagai perbandingan, apakah produk Anda sudah lebih baik? Apakah
pelayanan sudah lebih baik? Bahkan untuk membandingkan harga yang di
banderol oleh pesaing, hal ini penting untuk menjadi tolak ukur kita
meningkatkan sales dan kualitas. Dan dengan social media, kita
dapat dengan mudah memantau aktifitas mereka untuk meningkatkan kualitas
dan kuantitas penjualan.
3. Menentukan Target Market
Untuk memulai sebuah kegiatan jual beli,
hendaknya kita terlebih dahulu menentukan target pasar kita, apakah
target kita pria atau wanita, anak muda atau orang tua, lokasi target
market tertentu, dan lainnya. Dengan social media kita dengan mudah
meriset sendiri target pasar kita dengan bergabung di forum-forum atau
group, mem-follow akun komunitas tertentu yang berhubungan dengan target
pasar kita. Contohnya jika kita menjual spare part motor, kita bisa
bergabung di komunitas pecinta motor atau pencinta modifikasi motor yang
banyak di Facebook.
4. Memberikan Informasi Yang Lengkap
Tidak jarang kita menjumpai blog atau
akun-akun social media yang menjual produk tertentu tanpa memberikan
informasi tentang mereka dengan jelas dan lengkap. Hal ini menyulitkan
pembeli untuk bertanya atau berkonsultasi secara personal. Terkadang ada
pembeli yang ingin berkonsultasi secara personal dengan menghubungi
contact person bisnis Anda. Jadi amatlah penting kelengkapan informasi
baik di dalam blog maupun akun-akun social media lainnya.
5. Tampilan Yang Menarik dan Unik
Seperti halnya kita bertemu dengan
seseorang, kita akan lebih tertarik dengan seseorang yang penampilannya
menarik, hal ini berlaku juga jika kita berjualan dengan social media.
Maka dari itu buatlah tampilan blog atau akun-akun social media terlihat
menarik, karena orang akan mudah tertarik jika penampilan blog atau
akun sosmed Anda menarik, terlebih jika penampilannya unik pastilah
menjadi ciri khas bagi Anda.
Buatlah toko online atau blog dengan
tema yang clean dan responsive, membuat profile picture yang menarik di
Facebook, dan mengganti background pada Twitter dengan gambar yang
menarik.
6. Membuat Komunitas
Buatlah komunitas Anda sendiri karena
ini merupakan salah satu elemen penting pada bisnis Anda. Buatlah mereka
loyal dan pastikan mereka puas dengan pelayanan dan produk Anda, ini
akan menghasilkan promosi mouth to mouth atau mereka akan menjadi marketer sukarela dengan merekomendasikan produk Anda pada teman atau saudaranya.
Salah satu cara yang bisa dilakukan
untuk membuat komunitas adalah dengan membuat group di Facebook atau
forum Kaskus dengan memberikan informasi yang benar dan jujur. Jangan
memberikan informasi yang tidak sebenarnya karena akan menghilangkan
kepercayaan konsumen. Perhatikan keluhan dan kebutuhan konsumen, dengan
begitu kita dapat memberikan solusi yang tepat bagi mereka.
Buatlah forum ini menjadi ajang
silaturahmi Anda dengan konsumen. Jadikan mereka lebih dekat dengan
Anda, maka dengan sendirinya konsumen akan loyal terhadap bisnis Anda.
Baca juga: Memaksimalkan Penggunaan Hashtag Pada Branding Media Sosial
7. Beri Penghargaan
Setelah sukses membangun komunitas Anda
maka sangat penting untuk memberikan penghargaan kepada mereka, karena
bisa saja mereka akan pindah ke produk pesaing jika Anda tidak
memperhatikan ini.
Langkah ini di tujukkan agar mereka
tidak beralih ke produk pesaing. Hal yang bisa Anda lakukan dengan
memberikan kuis tanya jawab di Twitter dan Facebook, atau video kontes
di YouTube. Terserah Anda bagaimana mensiasati ini, yang jelas menghargai mereka sangat penting bagi peningkatan penjualan Anda.
Ketujuh langkah tadi adalah adalah tips
sederhana untuk meningkatkan penjualan melalui social media. Semoga
dapat bermanfaat bagi Anda yang menjalankan kegiatan jual beli dengan
memanfaatkan jejaring social tersebut.
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
No comments :
Post a Comment
"Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan"